Komputer di Dunia Penerbangan

Seberapa Besar Komputer Berperan Dalam Dunia Penerbangan?

Sekitar 70-100% komputer memiliki peranan sangat penting dalam bidang penerbangan. Mulai dari system pesawat militer, sipil, hingga keperluan riset, semuanya menggunakan Komputer.

Peranan Komputer Pada Pesawat

Di dalam pesawat, komputer sudah pasti banyak membantu penerbangan. Contohnya seperti :

  • Sistem autopilot yang berfungsi mengendalikan pesawat secara otomatis. Pilot Otomatis adalah sistem mekanikal, elektrikal, atau hidrolik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia. Umumnya pilot otomatis dihubungkan dengan pesawat, tetapi pilot otomatis juga digunakan di kapal dengan istilah yang sama. Sistem pilot otomatis pertama diciptakan oleh Sperry Corporation tahun 1912. Lawrence Sperry (anak dari penemu ternama Elmer Sperry) mendemonstrasikannya dua tahun kemudian pada 1914 serta membuktikan kredibilitas penemuannya itu dengan menerbangkan sebuah pesawat tanpa disetir olehnya.

Pilot otomatis menghubungkan indikator ketinggian menggunakan giroskop dan kompas magnetik ke rudder, elevator dan aileron. Sistem pilot otomatis tersebut dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan pilot, sehingga mencakup 80% dari keseluruhan beban kerja pilot dalam penerbangan secara umum. Sistem pilot otomatis lurus-dan-rata ini masih umum sekarang ini, lebih murah dan merupakan jenis pilot otomatis yang paling dipercaya. Sistem tersebut juga memiliki tingkat kesalahan terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit.

Penggunaan Komputer di Air Traffic Control

Pada awal 1920-an, tanker Standard Oil J.A Moffet menjadi kapal pertama yang menggunakan pilot otomatis.

  • ada sistem anti tabrakan di udara atau TCAS yang juga menggunakan komputer untuk menghitung kemungkinan terjadinya tabrakan , lalu membunyikan alarm jika sudah berbahaya.
  • Komposisi udara, kelembaban, atau temperatur kabin pesawat juga dikendalikan menggunakan komputer.
  • Menghitung ketinggian pesawat.
  • Mengendalikan panel-panel pesawat seperti keadaan mesin bahan bakar, dan kecepatan.
  • Radar juga menggunakan sistem komputerisasi.

Radar adalah suatu sistem gelombang elektromagnetik yang berguna untuk mendeteksi, mengukur jarak. Dalam bidang penerbangan, radar biasanya terlihat digunakan di menara kontrol bandara yang memakai system Air Traffic Control (ATC). Air Traffic Control merupakan suatu kendali dalam pengaturan lalu lintas udara yang berfungsi untuk mengatur lalu lalang serta kelancaran lalu lintas udara bagi setiap pesawat terbang yang akan lepas landas (take off), terbang di udara, maupun yang akan mendarat (landing). ATC juga berfungsi untuk memberikan layanan bantuan informasi bagi pilot tentang cuaca, situasi dan kondisi bandara yang dituju.

Selain hal yang sudah dijelaskan di atas, komputer juga sangat berperan di ground handling (penanganan darat) terutama untuk ticketing, check-in system, dll.

Karena kebutuhan pengetahuan komputer sangat tinggi di dunia penerbangan, maka SMK Taruna Tekno Nusantara Medan memilih Teknologi Informasi sebagai program studi keahlian bagi peserta didiknya, dengan kompetensi keahlian di bidang Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer & Jaringan yang sangat mendukung minat peserta didik yang ingin terjun ke dunia penerbangan kedepannya.

Tags: , , , , , , , ,

Trackback from your site.

Leave a comment

Nomor HP

  • 0813 7084 9948
  • 0815 3329 9297