TES JASMANI / SAMAPTA

Tes ini bertujuan mengukur kemampuan fisik atau jasmani dan mengetahui  tingkat kebugaran jasmani calon taruna/i melalui serangkaian aktifitas fisik. Hal ini dilakukan untuk melihat potensi fisik calon taruna/i dan menjadi bahan pertimbangan untuk dapat mengikuti pendidikan di SMK Taruna Tekno Nusantara.

Hasil pengukuran juga digunakan sebagai dasar atau nilai awal bagi Pembina Ketarunaan agar dapat melihat perkembangan kemampuan jasmani taruna/I selama masa pendidikan di SMK Taruna Tekno Nusantara yang salah satu orientasi pendidikannya adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani taruna/i, yaitu untuk meningkatkan daya tahan, kelenturan, dan keseimbangan tubuh sekaligus melatih kekuatan otot.

Manfaat Tes fisik/kebugaran tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan mental.

Kegiatan ini diawali dengan pemanasan dan peregangan (stretching) yang berfungsi untuk menyiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik. Pemanasan bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh sebelum aktivitas fisik sehingga tubuh akan mulai beradaptasi dengan peningkatan intensitas gerakan fisik yang akan dilakukan. Dan peregangan (stretching) serangkaian gerakan untuk melatih fleksibilitas anggota badan seperti punggung, kaki, dan tangan. Peregangan dilakukan untuk melemaskan otot dengan membuatnya berkontraksi. Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan pengukuran kemampuan jasmani, seperti lari, push up, sit up, pull up (laki-laki) atau chinning (perempuan), dan lain-lain.